“Kantin Kejujuran” ke-1000 Diresmikan

“Kantin Kejujuran” ke-1000 Diresmikan

Suara Karya – JAKARTA (Suara Karya): Jaksa Agung, Hendarman Supandji, meresmikan “Kantin Kejujuran” ke-1000 di SMA Negeri 42, Jakarta Timur, Rabu. Dalam acara itu, Jaksa Agung mengatakan keberadaan kantin kejujuran itu tidak lain untuk memupuk sifat jujur dan mengembangkan budaya malu pada diri siswa-siswi.

“Kantin kejujuran untuk memupuk sifat jujur pada diri siswa,” katanya di sekolah yang berada di kompleks Pelabuhan Udara Halim Perdanakusuma.Ia mengatakan pendidikan kejujuran itu harus melalui proses, yakni, dilatih sejak dini. “Kantin kejujuran merupakan langkah awal pelajaran sejak dini untuk menuju masa depan yang lebih baik,” katanya.

Dalam acara itu juga, Jaksa Agung mencanangkan Gerakan Aksi Langsung Anti-Korupsi Sejak Dini (Galaksi). Selain di Indonesia, kantin kejujuran juga akan dibuka di 4 negara ASEAN. Kantin itu akan dibuka menjelang Hari Antikorupsi se-Dunia. “Kita melakukan kerja sama dengan beberapa negara, antara lain Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina untuk membuka warung kejujuran di negara-negara itu,” ujar Hendarman Supandji. Kantin kejujuran di empat negara ini, imbuh dia, akan diresmikan tanggal 8 Desember 2008, sebelum Hari Antikorupsi se-Dunia 9 Desember 2008. “Ini adalah salah satu upaya untuk membentuk watak kejujuran sejak dini karena ditengarai korupsi telah meningkat. Dengan demikian pemberantasan korupsi merupakan upaya yang efektif terutama bagi siswa-siswi SMA yang akan menjadi penerus,” tandas Hendarman.

Pada Kesempatan yang sama Jaksa Agung bersama Dr. Dody Sutanto MSi ketua Karang Taruna Nasional Meresmikan Website Kantin Kejujuran dengan alamat kantinkejujuran.org

Tinggalkan komentar