Peran Karang Taruna dalam Revitalisasi Pertanian

Peran Karang Taruna dalam Revitalisasi Pertanian
Kamis, 21 Februari 2008
sumber: http://www.ipb.ac.id/id/?b=601

Sudah saatnya mendayagunakan potensi karang taruna di seluruh Indonesia dengan mendekatkan dengan kalangan cendekia agar potensi terapresiasi optimal. “Kaum muda memiliki fenomena-fenomena karakter positif yang bisa dialirkan dalam gerakan sosial, dan menjadi mata rantai siklus yang tetap dalam perubahan masyarakat,” kata Ketua Umum, Dr.Dody Susanto, S.H, M.Si dalam sambutannya pada Acara Temu Nasional Pertanian Karang Taruna Kamis (21/2) di Gedung Graha Widya Wisuda Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Darmaga.

IPB memilili peran penting dalam memberi warna dan perubahan orientasi pertanian nasional. Tugas IPB menanamkan kecintaan terhadap dunia pertanian pada kawula muda, apalagi pekerjaan petani sebenarnya pekerjaan mulia. Karang Taruna bersama IPB dan pemerintah daerah bahu membahu memperbaiki pertanian nasional, ” Dengan keterbatasan yang kita sekarang ini, hendaknya tidak menyurutkan sumbasih kita pada pertanian,” ujar Dody. Oleh karena itu, Dody menyeru pada kawula muda yang tergabung dalam Karang Taruna untuk menjadikan Temu Nasional Pertanian ini sebagai moment penting dalam membentuk gerakan revitalisasi pertanian nasional.

Rektor IPB, Dr. Ir. H. Herry Suhardiyanto, M.Sc menjelaskan presentasi peran pemuda dalam pembangunan pertanian. “Karang Taruna bisa menyatukan potensi-potensi pertanian yang terserak di Indonesia dan membantu memecahkan masalah pertanian nasional.” Ketergantungan produk pertanian impor, pengangguran dan mewujudkan kemandirian pangan adalah tugas bersama komponen bangsa terutama pemudanya. Salah satu peran pemuda adalah menguasai teknologi di bidang pertanian yang diantaranya telah diteliti IPB kemudian menyebarkan ke masyarakat.

Usai sambutan, dilanjutkan sharing potensi daerah dengan menghadirkan Bupati Mandailing, H.Amru Daulai, Walikota Pariaman, Ir.H.Mahyudin M, Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr.Syafrial, M.Si, Bupati Lampung Barat, Drs.H.Muklis Basri dan Bapenda Kalimantan Tengah, Ir. Syahrin Daulai. Acara sharing ini dimoderatori Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama, Dr. Ir.H. Anas Miftah Fauzi. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan Memorendum of Understanding (MoU) antara IPB dan Karang Taruna tentang Pendayagunaan Sumberdaya Manusia Pertanian.

Tinggalkan komentar